Home Kuliner Sejarah Perkembangan Griddle

Sejarah Perkembangan Griddle

4 min read
0
0
613
griddle

Griddle memiliki sejarah panjang dan digunakan oleh banyak kalangan untuk memasak makanan. Griddle pada zaman primitif terbuat dari tanah liat, batu maupun kerikil, kini griddle sudah berkembang dengan berbagai logam penghantar panas seperti stainless steel dan aluminium yang anda lihat sekarang. Griddle banyak ditemui pada banyak masakan Asia seperti Teppanyaki. Teppanyaki adalah cara memasak makanan ala Jepang di atas plat besi. Metode teppanyaki ini sendiri banyak kita temui di beberapa restaurant fast food seperti McDonald’s untuk memasak hamburger dan pancake.

Sampai pada tahun 1960-an mulai muncul jenis griddle electric yang menjadi populer di pasar dalam waktu singkat. Hal ini karena banyak orang yang sudah merasakan hasil masakan lezat yang dihasilkan dari penggunaan griddle, dan mereka ingin membuat kelezatan itu hadir di dapur mereka sendiri. Ada banyak perkembangan jenis griddle yang digunakan dari masa ke masa, dan dalam artikel ini akan dibahas tiga jenis grindle yang biasa digunakan di masyarakat serta akan dibahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis griddle tersebut.

Pertama adalah Cast Iron Griddle, jenis griddle ini adalah yang paling lama digunakan dan dikenal masyarakat dari masa ke masa. Beberapa griddle jenis ini kini dikembangkan dengan gagang yang terbuat dari bahan non logam seperti kayu atau karet sehingga anda tidak perlu khawatir terpapar panas dari proses pemasakan saat memegang gagang grindle. Kelebihan dari griddle ini proses penghantaran panas yang lebih cepat dibanding jenis griddle lain, sedangkan kekurangan dari griddle ini adalah berat griddle yang relatif lebih berat dibanding jenis griddle lain.

Kedua adalah griddle electric. Karena menggunakan listrik, jenis griddle ini memiliki panas yang lebih merata dibanding griddle lain, selain itu pada griddle electric akan terdapat panel pengaturan suhu sehingga mudah dilakukan pengaturan panas sesuai keinginan kita. Kekurangan dari jenis griddle ini adalah sambungan kabel nya yang kadang pendek sehingga sulit menjangkau sumber listrik. Selain itu karena tersambung dengan komponen kelistrikan, proses membersihkannya harus lebih hati-hati, jangan sampai terjadi konslet dan griddle anda rusak karena terpapar air.

Ketiga adalah jenis griddle outdoor. Dari namanya jelas bahwa jenis griddle ini sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan di luar ruangan dan dapat memasak makanan dalam jumlah yang besar. Karena umumnya terbuat dari permukaan stainless steel yang kokoh maka kelebihan dari jenis griddle ini adalah anda tidak perlu khawatir makanan yang anda masak terjatuh dari panggangan atau masuk ke dalam pemanas. Kekurangan dari jenis griddle ini adalah minyak penggorengan mudah terselip pada sisi plat, sehingga sulit dibersihkan. Selain itu kebanyakan griddle outdoor didesain dengan tanpa gagang (handle) sehingga berhati-hatilah saat anda akan memindahkan plat dari panggangan.

  • Mengenal Apa Itu Convection Oven dan Penggunaannya

    Mengenal Apa Itu Convection Oven dan Penggunaannya

    Convection oven atau oven konveksi bisa dibilang mirip dengan oven konvensional. Oven ini …
Load More Related Articles
Load More By admin
  • nasi box jakarta

    Keuntungan Memesan Nasi Kotak Jakarta

    Saat ini, bisnis makanan makin diminati banyak kalangan. Hal ini dikarenakan orang-orang m…
  • Mengenal Apa Itu Convection Oven dan Penggunaannya

    Mengenal Apa Itu Convection Oven dan Penggunaannya

    Convection oven atau oven konveksi bisa dibilang mirip dengan oven konvensional. Oven ini …
Load More In Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Keuntungan Memesan Nasi Kotak Jakarta

Saat ini, bisnis makanan makin diminati banyak kalangan. Hal ini dikarenakan orang-orang m…